(bdh/bdh)

File detiksurabaya.com
Lumajang - Serangan ulat bulu tidak hanya meresahan warga Probolinggo, Jombang, Malang dan Bojonegoro. Hama ulat bulu saat ini juga menyerang Desa Ranubedali dan Desa Alun-Alun di Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

"Namun, tidak banyak ulat bulu yang menyerang pohon mangga milik warga desa setempat. Sejauh ini, dari pengecekan yang saya lakukan bersama staf, barr 3 pohon saja yang mulai diserang ulat bulu," kata Camat Ranuyoso, Doni Fimbrianto ketika dikonfirmasi detiksurabaya.com melalui telepon selulernya, Senin (11/4/2011).

Meski begitu, Doni Fimbrianto tidak menganggap enteng serangan ulat bulu ini. Pasalnya, potensi untuk serangan yang lebih besar masih dimungkinkan terjadi.

"Pasalnya, potensi serangan itu besar, lantaran wilayah geografi Kecamatan Ranuyoso berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo yang beberapa waktu lalu menjadi wilayah utama serangan ulat bulu di Jawa Timur ini," jelas Doni.

Selain di Desa Ranu Bedali, Camat Ranuyoso juga menyebutkan ada wilayah Desa lainnya, yakni Desa alun-Alun yang mulai di serang ulat bulu. "Di Desa Alun-Alun, ulat bulu mulai di temukan di sumur tua milik warga setempat. Meski, belum sampai menyerang pepohonan," bebernya.

Dengan kenyataan itu, Doni Fimbrianto menambahkan, pihaknya akan melakukan upaya pemantauan melalui staf Kecamatan yang dibantu perangkat desa untuk mengetahui sejauh mana perkembangan temuan ulat bulu di wilayahnya masing-masing.

"Kendati sejauh ini serangan ulat bulu ini tidak sampai meresahkan warga. Namun, tentunya kami sudah harus melakukan upaya tersendiri guna mengantisipasi dan memantau perkembangannya," tegasnya.

Tidak menutup kemungkinan, lanjut Doni Fimbrianto, pihaknya akan mengajukan alokais anggaran tersendiri untuk mengadakan obatobatan pembasi sebelum ulat bulu ini menyerang lebih parah kepada Pemkab Lumajang melalui Dinas Pertanian.

"Rencana pengajuan itu ada. Tapi tentunya kami akan terlebih dulu melakukan telaah melalui hasil pengecekan di lapangan dam mengkaji lebih dalam lagi, apakah serangan itu akan berdampak meluas atau tidak," pungkas Camat Ranuyoso.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI